DEFINISI PASAR
Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat
bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa.
Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan
transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli. Syarat terjadinya
transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli,
ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
Jenis-Jenis Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk
kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak
nyata(abstrak). Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
·
Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan
diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan
pasar swalayan.
·
Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya
tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung
tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online,
pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara
transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
·
Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat
tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar
secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa
barang kebutuhan pokok.
·
Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana
barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri.
Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern
lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya
menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar
buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan
distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
·
Pasar Lokal
·
Pasar Daerah
·
Pasar Nasional dan
·
Pasar Internasional
Pengertian dan Macam-macam Pasar Menurut Bentuk dan
Strukturnya
Pasar menurut struktur dibedakan menjadi empat macam
yaitu pasar persaingan sempurna, monopoli, persaingan monopolistik, dan
oligopoli.
Pasar persaingan
sempurna adalah pasar di mana penjual dan pembeli sangat banyak sehingga
harga tidak dapat ditentukan oleh seseorang melainkan oleh kekuatan penawaran
dan permintaan.
Ciri-ciri pasar
persaingan sempurna:
a) pembeli dan
penjual banyak sehingga penjual dan pembeli secara perseorangan tidak dapat
sesukanya menentukan harga di pasar
b) barang yang
diperjualbelikan bersifat homogen
c) pemerintah tidak
ikut campur dalam pembentukan harga
d) pembeli bebas
memilih produk
e) penjual dan
pembeli mengetahui keadaan pasar.
- KELEBIHAN -
1. Harga jual barang dan jasa adalah yang termurah.
2. Jumlah output paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksima (kemakmuran maksimal).
3. Masyarakat merasa nyaman dalam mengkonsumsi (produk yang homogen) dan tidak takut ditipu dalam kualitas dan harga.
- KELEMAHAN -
1. Kelemahan dalam hal konsumsi.
2. Kelemahan dalam pengembangan teknologi.
3. Konflik efisiensi-keadilan
1. Harga jual barang dan jasa adalah yang termurah.
2. Jumlah output paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksima (kemakmuran maksimal).
3. Masyarakat merasa nyaman dalam mengkonsumsi (produk yang homogen) dan tidak takut ditipu dalam kualitas dan harga.
- KELEMAHAN -
1. Kelemahan dalam hal konsumsi.
2. Kelemahan dalam pengembangan teknologi.
3. Konflik efisiensi-keadilan
Contoh
pasar persaingan sempurna adalah usaha seluler, karena saat
ini handphone bukan lagi dikatakan barang mewah menyebabkan
perusahaan-perusahhan seluler saling mengeluarkan inovasi-inovasi yang baru
untuk dapat menarik pelanggan untuk memakai jasa meraka. Misalnya, telkomsel
dan indosat saling berpromosi atau menawarkan telponan atau sms gratis bagi
setiap penggunanya agar dapat terus-menerus menggunakan jasa mereka dan tidak
berpindah ke yang lainnya. Oleh Karena itu, usaha seluler ini dikatakan pasar
persaingan sempurna karena :
1. Jumlah
produsen yang banyak
2. Jumlah
konsumen yang banyak
3. Barang
sejenis
Contoh produk pasar persaingan
sempurna seperti beras, gandum, batubara, mini market dan lain-lain.
Pasar
Monopoli
a.Pengertian
Pasar monopoli adalah bentuk pasar yang hanya
terdapat satu penjual saja.Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual
sehingga praktis tidak ada pesaing(competitor)sehingga penjual ata
monopolis leluasa menguas pasar.Sebagai penjual tunggal,monopolis dapat
meraih keuntungan yang lebih normal.
b. Macam-Macam Pasar Monopoli
* Alamiah:Muncul karena keadaan alam
yang khas.
* Undang-Undang:Muncul karena
pemberlakuan kebijakan/Undang-Undang.
Terdiri dari:
-Monopoli Negara
-Hak Cipta
-Hak Paten
-Hak Merk
+Masyarakat:Muncul karena kepercayaan
masyarakat.
+ Penguasaan teknologi dan tenaga
ahli:Muncul karena menguasai teknologi dan tenaga ahli.
+ Kemampuan efisiensi:Muncul karena
mampu menghemat/biaya produksi.
+ Penguasaan bahan baku:Muncul karena
menguasai bahaan baku.
c. Ciri-Ciri pasar monopoli:
+ Terdapat satu penjual
+ Harga ditentukan penjual(monopoli)
+ Perusahaan lain sulit memasuki
pasar
+ Konsumen tidak bisa pindah walau
rugi
+ Bisa menimbulkan
ketidakadilan/kerugian bagi masyarakat
d .Kebaikan dan keburukan pasar monopoli
+ Kebaikan:
*Mampu melakukan penelitian dan
pengembangan produk
*Dapat meningkatkan daya saing
bilamonopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
*Mudah mengontrol kepentingan orang
banyak bila monopoli dilakukan Negara
*Dapat meningkatkan inovasi(penemuan
baru)bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten
- Keburukan :
*Perusahaan lain sulit memasuki pasar
*Menciptakan ketimpangan distribusi
pendapatan
*Jumlah produk tergantung monopolis
*Monopolis umumnya bertindak boros
*Timbul eksploitasi terhadap pemilik
faktor produksi dan pembeli/konsumen
e. Usaha pemerintah mengatasi keburukan
*Membuat undang-undang/peraturan yang
mencegah timbulnya monopoli
*Menarik pajak tinggi kepada
monopolis
*Mengizinkan impor barang yang sama
dengan barang monopolis
*Ikut menentukan tinggi rendahnya
barang
*Membuat perusahaan sejenis
pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya
terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
contohnya : PT KAI. yg smpai skarang belum ada pesaing atau perusahaan yg sejenis.
contohnya : PT KAI. yg smpai skarang belum ada pesaing atau perusahaan yg sejenis.
Pasar Monopolistik
a.Pengertian
Pasar monopolistik adalah suatu
bentuk pasar yang terdapat banyak perusahaan yang menjual hampir serupa
tetapi tidak sama.Pasar ini sering kita jumpai buktinya dengan kita mengunjungi
swalayan atau supermarket.Disana kita akan menjumpai berbagai bentuk,jenis dan
merek yang hampir serupa tetapi tidak sama.
b. Ciri-Ciri pasar monopolistik
*Jumlah penjual banyak tapi tidak
sebanyak pada pasar persaingan sempurna
*Barang yang dijual berbeda corak
*Penjual/produsen harus aktif
beriklan
*Mempunyai kekuasaan mempengaruhi
harga
c. Kebaikan dan keburukan pasar monopolistik
+ Kebaikan
*Memberi kebebasan memilih bagi
pembeli
*Memberi kepuasan lebih pada
pembeli karena ada persaingan penjual
*Perusahaan baru lebih mudah masuk
pasar
- Keburukan
*Masih terdapat kemungkinan terjadi
pemborosan biaya produksi bila dibandingkan dengan pasar
*Bagi perusahaan yang kecil,tingkat
efisiensinya relatif rendah
*Kurang efisiennya perusahaan kecil
yang menyebabkan harga barang yang dibayar konsumen masih kecil
Pasar kosmetik merupakan contoh pasar
monopolistik. Di Indonesia, pasar ini dikuasai oleh beberapa produsen seperti
sari ayu dan mustika ratu.
Pasar
Oligopoli
a.Pengertian
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk
pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual
bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar(price leader).
b.Ciri-ciri pasar oligopoli
*Terdapat beberapa penjual
*Barang yang dijual homogen atau beda
corak
*Sulit dimasuki perusahaan baru
*Membutuhkan peran iklan
*Terdapat satu market leader(pemimpin
pasar)
*Harga jual tidak mudah berubah
c.Macam-macam pasar oligopoli
*Oligopoli Murni : Menjual barang
yang homogen.
Contoh : Pasar semen
*Oligopoli Diferensial : Menjual
barang yang berbeda corak.
Contoh : Pasar mobil,pasar sepeda
motor
+Kebaikan
*Memberi kebebasan memilih bagi
pembeli
*Mampu melakukan penelitian dan
pengembangan produk
*Lebih memperhatikan kepuasan konsumen
karena adanya persaingan penjual
*Adanya penerapan teknologi baru
+Keburukan
*Menciptakan ketimpangan distribusi
pendapatan
*Harga yang stabil dan terlalu tinggi
bisa mendorong timbulnya inflasi
*Bisa timbul pemborosan biaya
produksi apabila ada kerja sama antar oligopolis karena semangat bersaing
kurang
*Bisa timbul eksploitasi terhadap
pembeli dan pemilik faktor produksi
*Sulit ditembus/dimasuki perusahaan
baru
*Bisa berkembang ke arah monopolin
Contoh
Pasar Oligopoli di Indonesia :
• Di
Indonesia pasar oligopoli dapat dengan mudah kita jumpai, misalnya pada pasar
semen, pasar layanan operator selular, pasar otomotif serta pasar yang bergerak
dalam industri berat.
• Produk
layanan dari operator selular GSM dan CDMA di Indonesia, dapat dikelompokkan ke
dalam pasar oligopoli
Pasar
Monopsoni
a. Pengertian
Pasar monopsoni adalah pasar yang
dikuasai satu pembeli,apabila perusahaan itu bukan sebagai penjual tetapi
sebagai bpembeli tunggal. Contoh: Pabrik susu Nestle.
b.Ciri-Ciri pasar monopsoni
*Hanya ada satu pembeli
*Pembeli bukan konsumen tapi
pedagang/produsen
*Barang yang dijual merupakan bahan
mentah
*Harga sangat ditentukan pembeli
c. Kebaikan dan keburukan pasar monopsoni
+ Kebaikan
*Kualitas produk lebih terpelihara
*Penjual akan hemat dalam biaya
produksi
+ Keburukan
*Pembeli bisa seenaknya menekan
penjual
*Produk yang tidak sesuai keinginan
pembeli tidak akan dibeli dan bisa terbuang.
Pasar
Oligopsoni
a.Pengertian
Pasar oligopsoni adalah kondisi pasar
dimana terdapat beberapa pembeli,Masing-masing pembeli memiliki peranan cukup
besar untuk mempengaruhi harga.Atau dikatakan pasar yang dikuasai oleh beberapa
pembeli
b.Ciri-ciri pasar oligopsoni
*Terdapat beberapa pembeli
*Pembeli bukan konsumen tapi
pedagang/produsen
*Barang yang dijual merupakan bahan
mentah
*Harga cenderung stabil
c.Kebaikan dan keburukan pasar oligopsoni
+Kebaikan
*Penjual lebih beruntung karena bisa
pindah kepembeli lain
*Pembeli tidak bisa seenaknya menekan
penjual
+Keburukan
*Bisa berkembang menjadi pasar
monopsoni bila antar pembeli bekerja sama
*Kualitas barang kurang terpelihara
Pasar Persaingan Tidak
Sempurna
Dalam pasar persaingan tidak
sempurna, para penjual maupun pembeli mempunyai kebebasan dalam menentukan
harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan. Dalam hal ini berarti
pembeli dan penjual dapat memengaruhi harga. Jenis dan kualitas barang yang
diperdagangkan pada pasar ini bersifat heterogen. Pasar persaingan tidak
sempurna dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
1. Pasar monopoli dan
monopsoni
Pasar monopoli adalah pasar yang
hanya terdapat satu penjual untuk suatu jenis barang tertentu. Pasar monopsoni
adalah pasar yang dikuasai oleh seorang pembeli untuk suatu jenis barang dan
jasa,dan juga bersifat mendunia.
2. Pasar persaingan
monopolistis
Dalam pasar ini terdapat banyak
penjual dan pembeli. Penjual bisa melakukan monopoli karena keistimewaan produk
masing-masing. Pembeli bebas menentukan pilihannya dalam berbelanja. Jadi,
pasar ini ada unsur persaingan dan monopoli.
3. Pasar oligoponi dan
oligopsoni
Pasar oligopoli adalah pasar yang
hanya ada beberapa penjual. Istilah beberapa penjual iniumlah penjual tidak
terlalu banyak sehingga pengaruh penjual sangat kecil, dan tidak ada penjual
yang berkuasa segala-galanya. Adapun Oligopsoni merupakan jenis pasar yang
hanya ada beberapa pembeli.