Powered By Blogger

Selasa, 28 Mei 2013

Tugas_Struktur Pasar



DEFINISI PASAR

Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa.
Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli.  Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
Jenis-Jenis Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).  Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
·                     Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
·                     Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
·                     Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
·                     Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
·                     Pasar Lokal
·                     Pasar Daerah
·                     Pasar Nasional dan
·                     Pasar Internasional

Pengertian dan Macam-macam Pasar Menurut Bentuk dan Strukturnya
Pasar menurut struktur dibedakan menjadi empat macam yaitu pasar persaingan sempurna, monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli.






Pasar persaingan sempurna adalah pasar di mana penjual dan pembeli sangat banyak sehingga harga tidak dapat ditentukan oleh seseorang melainkan oleh kekuatan penawaran dan permintaan.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna:
a)    pembeli dan penjual banyak sehingga penjual dan pembeli secara perseorangan tidak dapat sesukanya menentukan harga di pasar
b)    barang yang diperjualbelikan bersifat homogen
c)    pemerintah tidak ikut campur dalam pembentukan harga
d)    pembeli bebas memilih produk
e)    penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar.
- KELEBIHAN -
1. Harga jual barang dan jasa adalah yang termurah.
2. Jumlah output paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksima (kemakmuran maksimal).
3. Masyarakat merasa nyaman dalam mengkonsumsi (produk yang homogen) dan tidak takut ditipu dalam kualitas dan harga.

- KELEMAHAN -
1. Kelemahan dalam hal konsumsi.
2. Kelemahan dalam pengembangan teknologi.
3. Konflik efisiensi-keadilan
Contoh pasar persaingan sempurna adalah usaha seluler, karena saat ini handphone bukan lagi dikatakan barang mewah menyebabkan perusahaan-perusahhan seluler saling mengeluarkan inovasi-inovasi yang baru untuk dapat menarik pelanggan untuk memakai jasa meraka. Misalnya, telkomsel dan indosat saling berpromosi atau menawarkan telponan atau sms gratis bagi setiap penggunanya agar dapat terus-menerus menggunakan jasa mereka dan tidak berpindah ke yang lainnya. Oleh Karena itu, usaha seluler ini dikatakan pasar persaingan sempurna karena :
1.         Jumlah produsen yang banyak
2.         Jumlah konsumen yang banyak
3.         Barang sejenis
Contoh produk pasar persaingan sempurna seperti beras, gandum, batubara, mini market dan lain-lain.




Pasar Monopoli
a.Pengertian
Pasar monopoli adalah bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual saja.Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga praktis tidak ada pesaing(competitor)sehingga penjual ata   monopolis leluasa menguas pasar.Sebagai penjual tunggal,monopolis dapat meraih keuntungan yang lebih normal.
b. Macam-Macam Pasar Monopoli
* Alamiah:Muncul karena keadaan alam yang khas.
* Undang-Undang:Muncul karena pemberlakuan kebijakan/Undang-Undang.
Terdiri dari:
-Monopoli Negara
-Hak Cipta
-Hak Paten
-Hak Merk
+Masyarakat:Muncul karena kepercayaan masyarakat.
+ Penguasaan teknologi dan tenaga ahli:Muncul karena menguasai teknologi dan tenaga ahli.
+ Kemampuan efisiensi:Muncul karena mampu menghemat/biaya produksi.
+ Penguasaan bahan baku:Muncul karena menguasai bahaan baku.
c. Ciri-Ciri pasar monopoli:
+ Terdapat satu penjual
+ Harga ditentukan penjual(monopoli)
+ Perusahaan lain sulit memasuki pasar
+ Konsumen tidak bisa pindah walau rugi
+ Bisa menimbulkan ketidakadilan/kerugian bagi masyarakat
d .Kebaikan dan keburukan pasar monopoli
+ Kebaikan:
*Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
*Dapat meningkatkan daya saing bilamonopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
*Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan Negara
*Dapat meningkatkan inovasi(penemuan baru)bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten
- Keburukan :
*Perusahaan lain sulit memasuki pasar
*Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
*Jumlah produk tergantung monopolis
*Monopolis umumnya bertindak boros
*Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen
e. Usaha pemerintah mengatasi keburukan
*Membuat undang-undang/peraturan yang mencegah timbulnya monopoli
*Menarik pajak tinggi kepada monopolis
*Mengizinkan impor barang yang sama dengan barang monopolis
*Ikut menentukan tinggi rendahnya barang
*Membuat perusahaan sejenis
pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. 
contohnya : PT KAI. yg smpai skarang belum ada pesaing atau perusahaan yg sejenis.


 Pasar Monopolistik
a.Pengertian
Pasar monopolistik adalah suatu bentuk pasar  yang terdapat banyak perusahaan yang menjual hampir serupa tetapi tidak sama.Pasar ini sering kita jumpai buktinya dengan kita mengunjungi swalayan atau supermarket.Disana kita akan menjumpai berbagai bentuk,jenis dan merek yang hampir serupa tetapi tidak sama.
b. Ciri-Ciri pasar monopolistik
*Jumlah penjual banyak tapi tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna
*Barang yang dijual berbeda corak
*Penjual/produsen harus aktif beriklan
*Mempunyai kekuasaan mempengaruhi harga
c. Kebaikan dan keburukan pasar monopolistik
 + Kebaikan
*Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
*Memberi kepuasan lebih pada  pembeli karena ada persaingan penjual
*Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar
- Keburukan
*Masih terdapat kemungkinan terjadi pemborosan biaya produksi bila dibandingkan dengan pasar
*Bagi perusahaan yang kecil,tingkat efisiensinya relatif rendah
*Kurang efisiennya perusahaan kecil yang menyebabkan harga barang yang dibayar konsumen masih kecil
Pasar kosmetik merupakan contoh pasar monopolistik. Di Indonesia, pasar ini dikuasai oleh beberapa produsen seperti sari ayu dan mustika ratu.






Pasar Oligopoli
a.Pengertian
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar(price leader).
b.Ciri-ciri pasar oligopoli
*Terdapat beberapa penjual
*Barang yang dijual homogen atau beda corak
*Sulit  dimasuki perusahaan baru
*Membutuhkan peran iklan
*Terdapat satu market leader(pemimpin pasar)
*Harga jual tidak mudah berubah
c.Macam-macam pasar oligopoli
*Oligopoli Murni : Menjual barang yang homogen.
Contoh : Pasar semen
*Oligopoli Diferensial : Menjual barang yang berbeda corak.
Contoh : Pasar mobil,pasar sepeda motor


+Kebaikan
*Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
*Mampu melakukan penelitian dan pengembangan  produk
*Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual
*Adanya penerapan teknologi baru
+Keburukan
*Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
*Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
*Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerja sama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
*Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
*Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
*Bisa berkembang ke arah monopolin

 Contoh Pasar Oligopoli di Indonesia :

           Di Indonesia pasar oligopoli dapat dengan mudah kita jumpai, misalnya pada pasar semen, pasar layanan operator selular, pasar otomotif serta pasar yang bergerak dalam industri berat.
           Produk layanan dari operator selular GSM dan CDMA di Indonesia, dapat dikelompokkan ke dalam pasar oligopoli




Pasar Monopsoni
a. Pengertian
Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai satu pembeli,apabila perusahaan itu bukan sebagai penjual tetapi sebagai bpembeli tunggal. Contoh: Pabrik susu Nestle.
b.Ciri-Ciri pasar monopsoni
*Hanya ada satu pembeli
*Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
*Barang yang dijual merupakan bahan mentah
*Harga sangat ditentukan pembeli
c.  Kebaikan dan keburukan pasar monopsoni
+ Kebaikan
*Kualitas produk lebih terpelihara
*Penjual akan hemat dalam biaya produksi
+ Keburukan
*Pembeli bisa seenaknya menekan penjual
*Produk yang tidak sesuai keinginan pembeli tidak akan dibeli dan bisa terbuang.


Pasar Oligopsoni
a.Pengertian
Pasar oligopsoni adalah kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli,Masing-masing pembeli memiliki peranan cukup besar untuk mempengaruhi harga.Atau dikatakan pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli
b.Ciri-ciri pasar oligopsoni
*Terdapat beberapa pembeli
*Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
*Barang yang dijual merupakan bahan mentah
*Harga cenderung stabil


c.Kebaikan dan keburukan pasar oligopsoni
+Kebaikan
*Penjual lebih beruntung karena bisa pindah kepembeli lain
*Pembeli tidak bisa seenaknya menekan penjual
+Keburukan
*Bisa berkembang menjadi pasar monopsoni bila antar pembeli bekerja sama
*Kualitas barang kurang terpelihara


Pasar Persaingan Tidak Sempurna 
Dalam pasar persaingan tidak sempurna, para penjual maupun pembeli mempunyai kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan. Dalam hal ini berarti pembeli dan penjual dapat memengaruhi harga. Jenis dan kualitas barang yang diperdagangkan pada pasar ini bersifat heterogen. Pasar persaingan tidak sempurna dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
1. Pasar monopoli dan monopsoni 
Pasar monopoli adalah pasar yang hanya terdapat satu penjual untuk suatu jenis barang tertentu. Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai oleh seorang pembeli untuk suatu jenis barang dan jasa,dan juga bersifat mendunia.
2. Pasar persaingan monopolistis 
Dalam pasar ini terdapat banyak penjual dan pembeli. Penjual bisa melakukan monopoli karena keistimewaan produk masing-masing. Pembeli bebas menentukan pilihannya dalam berbelanja. Jadi, pasar ini ada unsur persaingan dan monopoli.
3. Pasar oligoponi dan oligopsoni 
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya ada beberapa penjual. Istilah beberapa penjual iniumlah penjual tidak terlalu banyak sehingga pengaruh penjual sangat kecil, dan tidak ada penjual yang berkuasa segala-galanya. Adapun Oligopsoni merupakan jenis pasar yang hanya ada beberapa pembeli.