Powered By Blogger

Sabtu, 12 Januari 2013

PERIBAHASA



PERIBAHASA :
5.  Mengguru dahulu sebelum                                                                                     bergurau = Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya                                                         Sebelum bersenang-senang.
6.  Berguru kepalang ajar,bagai bunga kembang                                                        Tak jadi = Menuntut ilmu yang tidak sempurna                                                       Tidak ada faedahnya.
7.  Guru kencing berdiri, murid kencing berlari =                                                   Sikap dan perilaku guru akan di tiru oleh muridnya.
8.  Tak ada guruh bagi orang pekak, tak ada kilat bagi                                           Orang buta = Perihal orang bodoh yang tidak mengerti                                            Kias & sindiran.
9.  Kalau pandai menggulai, badar pun menjadi tengiri = Orang yang pandai dapat mengerjakan sesuatu yang baik, Meskipun kelengkapannya kurang memadai.
10.  Mengharapkan guntur di langit, air di tempayan di curahkan =                   Mengharapkan keuntungan besar yang belum pasti, keuntungan kecil yang sudah pasti di lepaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar